Minggu, 13 Desember 2015

Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Menjual Suatu Produk Sebagai Usaha yang Baru



Pemasaran produk baik berupa barang dan jasa dalam suatu perusahaan merupakan hal penting yang harus dikedepankan. Sebagaimana salah satu tujuan dibentuknya perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, khususnya kegiatan pemasaran.Demi terwujudnya tujuan tersebut, perusahaan harus mengambil langkah kongkrit dengan menerapkan suatu strategi atau cara pemasaran yang baik. Dengan strategi marketing yang tepat dan sesuai maka keuntungan dapat diperoleh dengan maksimal.
Agar strategi yang diterapkan bisa berjalan dengan baik, maka sasaran dan target pemasaran harus sesuai dengan lingkungannya. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah agar strategi promosi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Seperti yang diketahui sebuah perusahaan tidak akan lepas dari sistem perencanaan, acuan, arahan, dan langkah yang diambil untuk mencapai tujuan.
Termasuk didalamnya strategi marketing khususnya bagi perusahaan baru. Langkah-langkah tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Menentukan Kebutuhan Pelanggan
Menentukan kebutuhan konsumen sangat penting sebagai langkah pertama dalam pemasaran. Untuk mengetahui keinginan konsumen tersebut, tindakan awal yang harus dilakukan adalah riset pemasaran atau penelitian pasar. Dalam riset pasar, pelaku marketer harus mendapatkan data atau informasi tentang barang atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen, baik bentuknya, kualitas dan mutu, jumlah, intensitas kebutuhan, dan siapa yang membutuhkan serta yang terpenting adalah berapa harga yang diperkirakan dapat dijangkau oleh konsumen sebagai target pasar. Survei pasar sangat penting dilakukan sebelum mengeluarkan produk agar karakteristik pelanggan dan segmen pasar dapat ditentukan dengan tepat.
  • Menentukan sasaran khusus
Setelah mengetahui kebutuhan pelanggan, selanjutnya menentukan sasaran pasar khusus. Namun sebelumnya marketer harus mengenal jenis sasaran khusus strategi marketing tersebut, antara lain:
  1. Individual Market (pasar individu)
  2. Niche Market (pasar khusus)
  3. Market Segmentation (segmentasi pasar)
Ketiga jenis sasaran pasar di atas masing-masing disesuaikan dengan ukuran perusahaan. Untuk perusahaan kecil atau perusahaan yang baru sebaiknya memilih sasaran Individual Market dan Niche Market, sementara untuk perusahaan besar atau menengah disarankan memilih Market Segmentation. Untuk perusahaan besar memilih segmentasi pasar sangat baik karena sasaran pasar dapat dibagi secara kelompok-kelompok sesuai dengan variabel karakteristik, kebutuhan dan psikologis yang berbeda bagi setiap konsumen dengan kebutuhan produk yang mungkin juga berbeda.
  • Menerapkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
Penempatan strategi tersebut sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan pihak pesaing. Oleh sebab itu diperlukan strategi marketing yang baik agar permintaan konsumen tetap stabil saat menghadapi lingkungan yang bersaing dalam target pasar. Strategi yang efektif tersebut yaitu:
-        Tetap berorientasi pada konsumen
-        Kualitas target yang efisien, efektif dan tepat.
-        Inovasi, fokus terhadap inovasi produk baik itu dalam bentuk barang atau jasa agar selalu diminati konsumen pasar
-        Kenyamanan, dengan fokus pada tujuan kenyamanan dan kenikmatan hidup
-        Kecepatan dalam mempromosikan, menempatkan, merespon pelanggan dan panyaluran terhadap produk baru yang diciptakan perusahaan.
-        Pelayanan yang baik merupakan kunci dari kepuasan pelanggan.
  • Pemilihan Strategi
Dalam mengembangkan strategi marketing, keberhasilan pemasaran produk ditentukan dari kinerja para pelaku usaha dalam kaitannya terhadap penelitian pasar. Dalam menambah ketertarikan pelanggan, pelaku usaha bisa memanipulasi indikator yang terkait dalam bauran pasar. Bauran pemasaran disini adalah strategi yang dilakukan perusahaan, berkaitan dengan bagaimana menyajikan produk pada target pasar tertentu. Seperti pengendalian oleh perusahaan untuk membawa pengaruh terhadap konsumen.
Dengan langkah-langkah di atas, perusahaan dapat mudah melaksanakan strateginya sehingga dapat mengembangkan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan atau keinginan konsumen. Jika pemasaran berjalan efektif, maka keuntungan yang didapatkan akan bernilai maksimal bagi perkembangan perusahaan kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar