Pemasaran
produk baik berupa barang dan jasa dalam suatu perusahaan merupakan hal penting
yang harus dikedepankan. Sebagaimana salah satu tujuan dibentuknya perusahaan
untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, khususnya
kegiatan pemasaran.Demi terwujudnya tujuan tersebut, perusahaan harus mengambil
langkah kongkrit dengan menerapkan suatu strategi atau cara pemasaran yang
baik. Dengan strategi marketing yang tepat dan sesuai maka keuntungan dapat
diperoleh dengan maksimal.
Agar
strategi yang diterapkan bisa berjalan dengan baik, maka sasaran dan target
pemasaran harus sesuai dengan lingkungannya. Oleh karena itu diperlukan
langkah-langkah agar strategi promosi dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Seperti yang diketahui sebuah perusahaan tidak akan lepas dari sistem
perencanaan, acuan, arahan, dan langkah yang diambil untuk mencapai tujuan.
Termasuk
didalamnya strategi marketing khususnya bagi perusahaan baru. Langkah-langkah
tersebut antara lain sebagai berikut:
- Menentukan Kebutuhan Pelanggan
Menentukan
kebutuhan konsumen sangat penting sebagai langkah pertama dalam pemasaran.
Untuk mengetahui keinginan konsumen tersebut, tindakan awal yang harus
dilakukan adalah riset pemasaran atau penelitian pasar. Dalam riset pasar, pelaku
marketer harus mendapatkan data atau informasi tentang barang atau jasa apa
yang dibutuhkan konsumen, baik bentuknya, kualitas dan mutu, jumlah, intensitas
kebutuhan, dan siapa yang membutuhkan serta yang terpenting adalah berapa harga
yang diperkirakan dapat dijangkau oleh konsumen sebagai target pasar. Survei
pasar sangat penting dilakukan sebelum mengeluarkan produk agar karakteristik
pelanggan dan segmen pasar dapat ditentukan dengan tepat.
- Menentukan sasaran khusus
Setelah
mengetahui kebutuhan pelanggan, selanjutnya menentukan sasaran pasar khusus.
Namun sebelumnya marketer harus mengenal jenis sasaran khusus strategi
marketing tersebut, antara lain:
- Individual Market (pasar individu)
- Niche Market (pasar khusus)
- Market Segmentation (segmentasi pasar)
Ketiga jenis
sasaran pasar di atas masing-masing disesuaikan dengan ukuran perusahaan. Untuk
perusahaan kecil atau perusahaan yang baru sebaiknya memilih sasaran Individual
Market dan Niche Market, sementara untuk perusahaan besar atau menengah disarankan
memilih Market Segmentation. Untuk perusahaan besar memilih segmentasi pasar
sangat baik karena sasaran pasar dapat dibagi secara kelompok-kelompok sesuai
dengan variabel karakteristik, kebutuhan dan psikologis yang berbeda bagi
setiap konsumen dengan kebutuhan produk yang mungkin juga berbeda.
- Menerapkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
Penempatan
strategi tersebut sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan pihak pesaing.
Oleh sebab itu diperlukan strategi marketing yang baik agar permintaan
konsumen tetap stabil saat menghadapi lingkungan yang bersaing dalam target
pasar. Strategi yang efektif tersebut yaitu:
-
Tetap berorientasi pada konsumen
-
Kualitas target yang efisien, efektif dan tepat.
-
Inovasi, fokus terhadap inovasi produk baik itu dalam
bentuk barang atau jasa agar selalu diminati konsumen pasar
-
Kenyamanan, dengan fokus pada tujuan kenyamanan dan
kenikmatan hidup
-
Kecepatan dalam mempromosikan, menempatkan, merespon
pelanggan dan panyaluran terhadap produk baru yang diciptakan perusahaan.
-
Pelayanan yang baik merupakan kunci dari kepuasan
pelanggan.
- Pemilihan Strategi
Dalam
mengembangkan strategi marketing, keberhasilan pemasaran produk
ditentukan dari kinerja para pelaku usaha dalam kaitannya terhadap penelitian
pasar. Dalam menambah ketertarikan pelanggan, pelaku usaha bisa memanipulasi
indikator yang terkait dalam bauran pasar. Bauran pemasaran disini adalah
strategi yang dilakukan perusahaan, berkaitan dengan bagaimana menyajikan
produk pada target pasar tertentu. Seperti pengendalian oleh perusahaan untuk
membawa pengaruh terhadap konsumen.
Dengan
langkah-langkah di atas, perusahaan dapat mudah melaksanakan strateginya
sehingga dapat mengembangkan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan atau
keinginan konsumen. Jika pemasaran berjalan efektif, maka keuntungan yang
didapatkan akan bernilai maksimal bagi perkembangan perusahaan kedepannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar