Selasa, 31 Mei 2016

KOMUNIKASI VERBAL, NONVERBAL, DAN CAMPURAN

KOMUNIKASI VERBAL, NON VERBAL, DAN GABUNGAN KEDUANYA.
Materi ini gw kutip dari Silontong.com Posted By Alexasinaga, tapi bukan hanya sekedar copy-paste doang, tapi tetep gw lengkapin contohnya sesuai dengan pengetahuan gw :)

oke langsung aja masuk ke materi :)

1. KOMUNIKASI VERBAL
Komunikasi verbal adalah suatu kegiatan percakapan/penyampaian informasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Berikut adalah contoh komunikasi verbal:

a. Presentasi di depan teman-teman
b. Mempromosikan barang dengan berbicara pada konsumen
c. Berbicara dengan seseorang atau kelompok orang
d. Bercakap-cakap lewat telefon
e. Menulis surat lamaran kerja

Selain itu juga, komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.


2. KOMUNIKASI NON VERBAL
Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Bentuk komunikasi ini adalah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Contoh komunikasi non verbal yaitu:

a. Sentuhan
*Bersalaman
*Memukul
*Mengelus
*Menggenggam
*Mendorong

Masing-masing bentuk komunikasi ini menyampaikan pesan tentang tujuan atau perasaan dari sang penyentuh. Sentuhan juga dapat menyebabkan suatu perasaan pada sang penerima sentuhan, baik positif ataupun negatif.

b. Gerakan tubuh
Dalam komunikasi nonverbal, kinesik atau gerakan tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya:
*Memegang Kepala untuk menunjukan pusing
*Mengangguk untuk menyatakan ya
*Menggelengkan kepala untuk menyatakan tidak setuju
*Mengacungkan telunjuk yang menunjukan keinginan mengungkapkan sesuatu ataupun bertanya
*Mengangkat bahu untuk menyatakan tidak tahu

c. Vokalik
Vokalik atau paralanguage adalah unsur nonverbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain. Selain itu, penggunaan suara-suara pengisi seperti “mm”, “e”, “o”, “um”, saat berbicara juga tergolong unsur vokalik, dan dalam komunikasi yang baik hal-hal seperti ini harus dihindari.

d. Lingkungan
Lingkungan juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Diantaranya:
*Penggunaan ruang
*jarak
*temperatur
*penerangan
*warna

e. Kronemik
Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality).


3. KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL (GABUNGAN)
Contohnya yaitu:
a. Saat seseorang ingin bertanya kepada dosen, mahasiswa tidak hanya mengacungkan telunjuk, tetapi disertai dengan mengucapkap "Saya ingin bertanya Pak"
b. Saat seseorang marah dan memukul meja, ia sekaligus berbicara "Cukup! Kalian keterlaluan"
c. Saat mahasiswa presentasi di depan teman-temannya, ia berbicara sekaligus menggerakan tangannya untuk menyatakan sesuatu
d. Saat 2 orang berpisah, mereka tidak hanya melambaikan tangan tetapi juga berkata "Sampai jumpa lagi"
e. Saat seseorang pusing, ia memegang kepala dan berkata "Saya sangat pusing"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar