Nama Kelompok:
Dina Aprilianti
Inno Tamaraalisa
Nita Eldasyah
Rahmi Hartati
2DF02
MEMBUAT PERENCANAAN ( PROPOSAL ) BISNIS DI BIDANG TI
Membuat Perencanaan ( Proposal ) Bisnis
Perencanaan bisnis sendiri dapat diartikan kurang lebih sebagai berikut ( Buchari Alma,
2001 : 174 dari Bygrave : 1994 : 114 ):
Suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk
menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan
menarik bagi penyandang dana.
Dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsurunsur
yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk
memulai suatu usaha. Isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut
pemasaran, permodalan, manufaktur, dan sumber daya lainnya.
Secara garis besar isi dari perencanaan ( proposal ) bisnis tersebut adalah :
Nama Perusahaan
Menurut Canon dan Wichert, ciri-ciri nama yang baik adalah :
- Pendek
- Sederhana
- Mudah dieja
- Mudah diingat
- Enak dibaca
- Tidak ada nada sumbang
- Tidak ketinggalan jaman
- Ada hubungan dengan barang dagangan
- Bila diekspor gampang dibaca oleh orang luar negari
- Tidak menyinggung perasaan kelompok/orang lain atau tidak negatif
- Dapat memberi sugesti pada pengguna produk tersebut
Lokasi Perusahaan
Lokasi yang baik hendaknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini:
Sumber bahan baku
Letak pasar / konsumen
Sarana dan prasarana pendukung
Perijinan
Masyarakat, dll.
Komoditi yang akan diusahakan
Kesempatan memilih komoditi apa yang akan diusahakan, dapat mempertimbangkan
beberapa hal berikut ini :
Meningkat/melimpahnya permintaan masyarakat, sementara suply tidak
mencukupi
Teridentifikasinya kebutuhan masyarakat akan produk tertentu
Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang akan ditekuni
Adanya kemampuan yang meyakinkan untuk bersaing dan berhasil
Konsumen Yang Dituju
Untuk poin ini, segmentasi ( pembagian ) pasar perlu dilakukan, kalangan atau golongan
mana saja yang akan dilayani.
Posisi di Pasar yang akan dimasuki
Sebagai pendatang baru dalam sebuah unit bisnis, perlu dipertimbangkan apakah
perusahaan akan masuk sebagai pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut pasar, atau
perelung passar. Semua pilihan tersebut memilki konsekuensi sendiri-sendiri yang harus
dihadapi.
Partner Yang akan Diajak Kerjasama
Di banyak kasus, kerja sama dengan pihak lain sangat dan lazim dilakukan. Banyak
alasan mengapa kerja sama tersebut perlu dilakukan. Salah satu diataranya adalah untuk
memperkuat modal dan profesionalisme pengelolaan.
Manajemen
Manajemen menyangkut SDM yang akan mengelola dan menjalankan bisnis yang akan
ditekuni. Alternatif yang dapat dipilih diantaranya adalah :
Dikelola sendiri
Diserahkan pada pihak lain dengan pengawasan
Dikelola bersama dengan partner bisnis
Dikelola sepenuhnya oleh pihak lain
Permodalan ( Yang diharapkan dan yang tersedia ) dan Manajemen Keuangan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
Besarnya modal yang dibutuhkan
Sumber modal yang dapat diharapkan
Biaya modal
Arus kas ( tingkat pengembalian ) dari modal tersebut
Studi Kelayakan
Poin ini sangat diperlukan untuk memberi pejelasan dari berbagai aspek, seperti :
Aspek ekonomi
Aspek hukum
Aspek teknis
Aspek pasar, dll.
Contoh sederhana ( dan variasinya ) isi dari Perencanaan Bisnis TI
( Disarikan dari Hisrich-Peters, 1995 : 120 )
Pendahuluan
Latar belakang
Tujuan
Profile Usaha
Nama dan alamat perusahaan
Nama dan alamat pemilik
Nama dan alamat penanggung jawab yang bisa dihubungi setiap saat
Informasi tentang bisnis yang akan dilaksanakan
Rangkuman eksekutif ( lebih kurang 2 atau 3 halaman yang menjelaskan secara
lengkap isi Perencanaan Bisnis TI )
Analisis Industri
Prospek masa depan industri TI
Analisis Persaingan
Segmentasi pasar yang akan dimasuki
Ramalan-ramalan tentang produk yang akan dihasilkan
Deskripsi Usaha
Produk yang ditawarkan
Jasa Pelayanan
Lokasi usaha
Ruang lingkup bisnis
Personalia dan perlengkapan kantor
Latar belakang identitas pengusaha
Rencana Operasi/produksi
Proses produksi / pelayanan
Bangunan dan perlengkapannya
Mesin dan perlengkapannya
Sumber bahan baku
Rencana Pemasaran
Penentapan harga
Rencana / pelaksanaan distribusi
Promosi yang akan dilakukan
Pengembangan produk
Perencanaan Organisasi
Bentuk kepemilikan dan struktur organisasi
Informasi tentang partner
Uraian tentang hak dan kewajiban
Latar belakang anggota tim manajemen
Permodalan dan Manajemen Keuangan
Neraca permulaan perusahaan
Proyek aliran kas
Analisis titik impas
Sumber-sumber permodalan
Studi Kelayakan dan Risiko
Tinjauan aspek ekonomi
Tinjauan aspek hukum
Tinjauan aspek teknis
Tinjauan aspek pasar, dll.
Risiko-risiko yang mungkin dihadapai
Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar