Konsep
pemasaran adalah konsepsi produsen yang berpandangan bahwa untuk menguasai
pasar harus dapat nienyediakan produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta
memuaskan konsumen. Kegiatan penjualan hanya berlangsung ketika telah produksi
dalam konsep pemasaran, kegiatan pemasaran berlangsung mulai dari sebelum
produk dibuat sampai dengan produk telah sampai ke tangan konsumen.
Falsafah
konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep
pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.
Secara
definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah
bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat
ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga Komponen Utama
Konsep Pemasaran
- Orientasi pada Konsumen
- Penyusunan kegiatan pemasaran
secara integral
- Kepuasan Konsumen
Pengertian Manajemen Pemasaran
- Manajemen Pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program
yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan
maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
- Manajemen Pemasaran adalah
salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan
laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi,
dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus
juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya
berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap
perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
- Manajemen Pemasaran adalah
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang
didesign untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan
(Kotler & Amstrong)
Jadi dari beberapa definisi diatas dapat
diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran
dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran
- Produk
(barang, jasa, ide), segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan
kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan
menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat
terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk
yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat
terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi
produksi dan distribusi.
- Nilai, perkiraan
konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan /
diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena
memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk
tersebut.
- Biaya,
harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
- Kepuasan,
seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara
harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana
kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan
harapan seorang pembeli atau tidak
- Pasar,
tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi
terhadap suatu produk.
Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)
adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang
terkait dimana:
- Target Market, sekelompok
pelanggan homogen yang ingin ditarik oleh perusahaan.
- Bauran Pemasaran (Marketing
Mix), variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk
memuaskan target market tersebut.Marketing Mix adalah kombinasi dari empat
variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran
perusahaan, yaitu :
a. Produk
b. struktur
harga
c. kegiatan
promosi dan sistem saluran distribusi.
Variabel-variabel
marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi
dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat dipasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar